Jumat, 22 Juni 2012

Studi Facebook ungkap sebab seseorang bisa menjadi pemimpin


Studi Facebook ungkap sebab seseorang bisa menjadi pemimpin
Setiap kelompok tertentu pasti memiliki pemimpin dan anak buah. Sebuah studi melalui sosial media Facebook pun mengungkap sebab sebenarnya bagaimana seseorang bisa menjadi pemimpin bagi yang lain.
Studi yang dilakukan oleh mahasiswa New York University menganalisis kombinasi data profil pemilik akun Facebook yang paling bisa mempengaruhi teman-temannya.
Sebanyak 49% pengguna pria lebih berpengaruh daripada wanita, namun wanita 12% lebih tahan pengaruh dari pria. Selain itu, 46% wanita lebih banyak mempengaruhi pria dibanding wanita lainnya. Pengaruh tersebut juga disebabkan oleh usia, dimana orang-orang dengan usia lebih dari 31 tahun memiliki kemampuan meyakinkan teman mereka sebesar 51%.
Status hubungan pun ikut menjadi salah satu sebab seseorang bisa menjadi pemimpin. Uniknya, orang single memiliki kesempatan 113% mempengaruhi orang lain dibandingkan dengan orang yang berpacaran. Presentase meningkat sebanyak 128% ketika dibandingkan dengan status hubungan 'rumit'.
Seperti yang dilansir dari New Scientist (22/06), para peneliti belum bisa menjelaskan mengapa faktor-faktor tersebut mempengaruhi seseorang untuk bisa menjadi pemimpin. Namun alasan yang yang bisa mereka simpulkan adalah orang yang memiliki status hubungan biasanya mudah dipengaruhi oleh orang terdekat mereka, sehingga mereka tidak bisa dijadikan panutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar